Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media dalam pembelajaran terhadap hasil belajar Konstruksi Bangunan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas X TGB A berjumlah 36 siswa yang diajarkan dengan menggunakan media visual berupa gambar dan siswa kelas X TGB B yang berjumlah 36 siswa diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa power point. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan disain pre-test, pembelajaran dan post-test.Intrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya pembeda soal. Hasil uji coba tes hasil belajar Konstruksi Bangunan dari 35 butir soal tes yang diujicobakan diperoleh 30 butir soal valid dengan koefisien reliabilitas 0,89 termasuk kategori sangat tinggi. Untuk indeks kesukaran terdapat 4 butir soal dengan kategori mudah, 26 butir soal dengan kategori sedang dan untuk daya pembeda soal terdapat 15 butir soal dengan kategori cukup, 15 butir soal dengan kategori baik. Dari hasil uji-t hasil belajar konstruksi bangunan pada taraf signifikan 5% = 3,436 diperoleh thitung > ttabel yakni 3,436>1,994, maka hipotesis diterima. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan media poster memiliki hasil belajar lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan menggunakan media komputer berupa power point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang berbeda secara signifikan terhadap hasil belajar Konstruksi Banguan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2016/2017. Kepada guru untuk dapat menggunakan media dalam pembelajaran. Sebab penggunaan media yang kreatif, komunikatif dan sesuai dengan kareakteristik siswa dapat meberikan hasil belajar yang berbeda