Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan pada kelas X Program Keahlian Teknik Kontruksi Batu & Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2015/2016, dengan jumlah siswa 30 orang dan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran Memahami Bahan Bangunan sub kompetensi teori Menerapkan Bahan Bangunan dengan model pembelajaran TPS. Dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 60,00 % meningkat pada siklus II menjadi 83,33 %. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I adalah 68,75 % kategori penilaian tidak aktif meningkat pada siklus II dengan rata-rata 90,00 % penilaian aktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan melakukan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan hasil belajar Memahami Bahan Bangunan sub kompetensi teori Sifat sifat kayu di kelas X Program Keahlian Teknik Kontruksi Batu & Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar . Selain itu dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Memahami Bahan Bangunan.