Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Dasar Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi siswa kelas X SMK Negeri 4 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini siswa kelas X Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 24 orang siswa. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 63,75 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 11 orang (45,83%) tergolong rendah. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 76,25 dengan ketuntasan belajar sebanyak 20 orang siswa (83,33%) tergolong tinggi, sesuai dengan hasil dari siklus I dan siklus II, maka peningkatannya menjadi 30,45%. Disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Kelistrikan Mesin dan Konversi Energi dari tindakan pada siklus I rata-rata hasil belajar 63,75 kemudian dilakukan tindakan pada siklus II rata-rata hasil belajar 76,25. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Probem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar kelistrikan mesin dan konversi energi di SMK Negeri 4 Medan tahun ajaran 2014/2015