Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X SMK Mandiri Percut Sei Tuan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Mandiri Percut Sei Tuan Medan di kelas X TKR dengan jumlah 72 orang. Dimana penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script, dan memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar alat ukur siswa kelas X di SMK Mandiri Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari siklus I hasil ketuntasan belajar klasikal pada hasil postes meningkat sebanyak 18 siswa 56,25 %. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran cooperative tipe script dimana pada siklus II hasil pretes sebanyak 22 siswa sebesar 68,75% dan pada hasil postes sebanyak 26 siswa sebesar 81,25%. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebanyak 4 siswa 12,5%. Pada siklus II ini telah mencapai indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 75.Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran cooperative tipe script dari siklus I ke siklus II sebesar 17,82 %. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script dapat Meningkatkan Hasil Belajar Alat Ukur pada Siswa Kelas X di SMK Mandiri Percut Sei Tuan”,