UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS X SMK AWAL KARYA PEMBANGUNAN (AKP) GALANG TAHUN PEBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X mesin produksi di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang tahun ajaran 2015/2016. Alat ukur merupakan salah satu program mata diklat pada pendidikan menengah kejuruan kompetensi keahlian teknik produksi. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Modelling The Way, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X mesin produksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TP 2 SMK Awal Karya Pembangunan (AKP) Galang yang terdiri dari 35 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar alat ukur pada siswa kelas X TP 2 di SMK Awal Karya Pembangunan (AKP). Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 74,2% pada siklus I dan 82,2% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 77,7 pada siklus I dan 80,1 pada siklus II.