UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KELISTRIKAN MESIN DAN KONVERSI ENERGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 2 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelistrikan mesin dan konversi energi siswa kelas X TP SMK Negeri 2 Medan dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Medan pada semester ganjil. Penelitian ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus. Hasil penelitiannya dimana nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 3, nilai persen aktivitas yang dicapai 75% pada siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa 3,7 nilai persen aktivitas yang dicapai 92,5%. Untuk hasil evalusi pada siklus I nilai tertinggi 80, nilai terendah 20. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas 19 orang dan ketuntasan 61,29%. Pada siklus II nilai tertinggi 100, nilai terendah 70. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 orang dan ketuntasan 83,87%. Melalui penelitian ini terbukti bahwa model pembelajaran Student Facilitator And Explaining telah meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran kelistrikan mesin dan konversi energi dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TP SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017