Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Paie Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Permesinan SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X Teknik Permesinan pada materi pokok menjelaskan pembuatan dan pengolahan logam di SMK SWASTA YWKA Medan melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).Penelitian ini dilaksanakan di SMK SWASTA YWKA Medan yang berlokasi di Jl. Lampu No. 2 Brayan Bengkel Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Permesinan SMK SWASTA YWKA Medan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik analisis data yaitu ketuntasan perorangan dan ketuntasan klasikal. Dari hasil analisis diperoleh data dari tes awal sebelum tindakan dengan nilai rata-rata 48,91dengan presentase ketuntasan klasikal 10%. Data evaluasisiklus I dengan nilai rata-rata 70,09 dengan ketuntasan klasikal 56,6%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 21,18. Sedangkan data evaluasi siklus II dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 83,7 dengan presentase ketuntasan klasikal 80%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari evaluasi siklus I ke siklus II sebesar 13,61. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi pokok menjelaskan pembuatan dan pengolahan logam di kelas X Teknik Permesinan SMK SWASTA YWKA Medan T.A 2015/2016 membuktikan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran Proses Dasar Perlakuan Logam