Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi mengenal besaran vector, sistem satuan dan hukum newton. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK Negeri 2 Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TP 2 SMK Negeri 2 Medan, yang berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching. Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Pengetahuan Dasar Teknik Mesin. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh persentase aktifitas belajar siswa sebesar 71,87% dan nilai rata rata hasil belajar siswa sebesar 74,06 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 56,25%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh persentase aktivitas belajar siswa sebesar 84,37% dan nilai rata rata hasil belajar siswa sebesar 82,40 dengan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu sebesar 90,62%. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar mengenal besaran vektor,sistem satuan dan hukum newton