Daftar Isi:
  • Penilitian ini bertujuan antara lain: (1) Untuk mengetahui kemandirian belajar siswa (2) Untuk mengetahui hasil belajar makanan kontinental. (3) Untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar makanan kontinental. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan populasi sebanyak 33 orang, dan teknik pengumpulan sampel adalah sampel total (total sampling) yaitu 33 orang. Penelitian ini dilakukan pada hari 22 Juni 2016. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan angket untuk menjaring kemandirian belajar, dan tes untuk menjaring hasil belajar makanan kontinental. Teknik analisis data adalah deskriptif korelasional, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linearitas dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan variabel kemandirian belajar termasuk kategori cukup sebanyak 32 orang (96,96%), hasil belajar makanan kontinental cenderung tinggi sebesar 22 orang (66,66%), Hasil analisis uji normalitas pada variabel kemandirian belajar (X) (9,27 < 11,07) adalah berdistribusi normal, dan Hasil belajar Makanan kontinental (10,25 < 11,07) adalah berdistribusi normal. Hasil perhitungan koefisien korelasi product moment antar variabel adalah signifikan antara hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar makanan kontinental dengan nilai rhitung > rtabel (1,12666 < 0,344) sehingga kemandirian belajar (X) terhadap Hasil belajar Makanan kontinental (Y) adalah signifikan. Dengan demikian semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar makanan kontinen