HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN SISWA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) disiplin belajar siswa, (2) motivasi belajar siswa, (3) hasil belajar siswa pengetahuan bahan makanan, (4) hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar pengetahuan bahan makanan, (5) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa pada pelajaran pengetahuan bahan makanan, (6) hubungan disiplin belajar dan motivasi belajar siswa dengan hasil belajar pengetahuan bahan makanan. Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Tebing Tingg. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 41 siswa. Waktu penelitian mulai bulan Maret-Juli 2016. Data penelitian untuk menjaring data disiplin belajar dan motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar pengetahuan bahan makanan dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dengan uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas dan keberartian persamaan regresi ganda, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, parsial dan uji koefisien korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Disiplin Belajar Siswa adalah kategori cenderung cukup sebesar 78%. Tingkat kecenderungan Motivasi Belajar Siswa adalah kategori cenderung cukup sebesar 80,5%. Tingkat kecenderungan Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan adalah kategori cenderung cukup sebesar 56,1%. Hasil analisis normalitas dengan dk=5 pada ketiga variabel adalah normal untuk disiplin belajar (Lhitung = 0,79 < Ltabel= 0,138), motivasi belajar siswa (Lhitung = 0,117 < Ltabel = 0,138), hasil belajar pengetahuan bahan makanan (Lhitung 0,106 < Ltabel= 0,138). Hasil analisis uji linieritas hasil belajar pengetahuan bahan makanan atas disiplin belajar belajar adalah linier dengan nilai (fhitung = 1,115 < ftabel = 2,18 ), dan berarti dengan nilai (fhitung = 36,151 > ftabel= 4,09), hasil belajar pengetahuan bahan makanan atas motivasi belajar siswa dengan nilai (fhitung = 2,047 < ftabel = 1,97) dan berarti dengan nilai (fhitung = 30,668 >ftabel= 4,09). Berdasarkan uji korelasi ganda terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dengan nilai R = 0,548 sehingga diperoleh Ftabel = 3,24 dan Fhitung= 23,049 dimana Fhitung> Ftabel (23,049 > 3,24) sehingga koefisien korelasi ganda pada taraf signifikan 5% berarti. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi disiplin belajar dan semakin baik motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa