Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efikasi diri siswa, (2) hasil belajar kewirausahaan siswa, (3) minat berwirausaha siswa, (4) hubungan efikasi diri dengan minat berwirausaha siswa, (5) hubungan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa, (6) hubungan efikasi diri dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa. Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Pencawan Medan, teknik penentuan sampel secara total sampling dengan jumlah sampel 34 orang. Teknik pengumpulan dengan angket dan tes, data efikasi diri dan minat berwirausaha dikumpulkan dengan menggunakan angket sedangkan untuk hasil belajar kewirausahaan dikumpulkan dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif data dengan uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji lineritas dan keberartian persamaan regresi ganda, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, parsial dan uji koefisien korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan efikasi diri siswa adalah kategori sedang sebesar 82,35%, tingkat kecenderungan hasil belajar kewirausahaan siswa adalah kategori tinggi sebesar 52,94%, tingkat kecenderungan minat berwirausaha siswa adalah kategori sedang sebesar 100%, Hasil analisis normalitas dengan dk=5 pada ketiga variabel adalah normal untuk efkasi diri (Xhitung=8,631 <Xtabel= 11,07), hasil belajar kewirausahaan (Xhitung 6,92< Xtabel= 11,07), minat berwirausaha (Xhitung 7,742< Xtabel= 11,07): Hasil Product Moment antara variabel Efikasi diri dengan Minat Berwirausaha adalah signifikan dengan nilai (rhitung = 0,723 > rtabel = 0,339), Hasil Product Moment antara variabel Hasil Belajar Kewirausahaan dengan Minat Berwirausaha adalah signifikan dengan nilai (rhitung = 0,542 > rtabel = 0,339),Hasil analisis uji linieritas minat berwirausaha atas efikasi diri adalah linier dengan nilai (fhitung =1,04<ftabel=3,12), dan berarti dengan nilai (fhitung =36,12<ftabel=4,15), minat berwirausaha atas hasil belajar kewirausahaan dengan nilai (fhitung =0,88<ftabel=2,39) dan berarti dengan nilai (fhitung =12,39<ftabel=4,15) Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan minat berwirausaha dengan nilai (ry.1 = 0,809> rt = 0,339; 5%); Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha dengan nilai (ry.1 = 0,39> rt = 0,339; 5%); Berdasarkan uji korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha dengan nilai R = 0,75 sehingga diperoleh Ftabel= 3,32 dan Fhitung= 23,94 dimana Fhitung> Ftabel (23,94 >3,24) sehingga koefisien korelasi ganda pada taraf signifikan 5% berarti. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi efikasi diri dan semakin baik hasil belajar kewirausahaan siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha siswa.