PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS X JURUSAN TITL SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL T.A. 2016/2017

Main Author: Sihite, Lasro P.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/21669/4/01.%20NIM%205122131017%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/4/02.%20NIM%205122131017%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/6/03.%20NIM%205122131017%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/7/04.%20NIM%205122131017%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/5/05.%20NIM%205122131017%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/6/06.%20NIM%205122131017%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/8/07.%20NIM%205122131017%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/3/08.%20NIM%205122131017%20APPENDICS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/2/09.%20NIM%205122131017%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/2/13.%20NIM%205122131017%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/1/14.%20NIM%20%205122131017%20BIBLOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/21669/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kompetensi dasar Menganalisis Rangkaian Listrik arus Searah antara penggunaan model pembeljaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan model pembeljaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Doloksanggul. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Negeri 2 Doloksanggul pada Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara acak atau random, dimana pembelajaran dengan menggunakan model pembeljaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray ditetapkan pada kelas X TITL 1 yng berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Untuk menguji normalitas data digunakan uji liliefors pada taraf kepercayaan (α)= 0,05. Pada pembeljaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,134<0,159, disimpulkan data dalam kategori normal, dan pada pembelajaran konvensional Lhitung < Ltabel yaitu 0,158<0,159, disimpulkan data dalam kategori normal. Untuk menguji homogenitas antara pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan konvensional digunakan uji kesamaan varians pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 diperoleh bahwa F hitung < Ftabel, yaitu 0.714 < 1,84 maka disimpulkan varians sampel homogen. Dengan menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan (α)= 0,05 untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh t_Hitung>t_tabel yaitu 12,98 > 1,67, dan diambil kesimpulan siswa yang diajar dengan pembelajaran model kooperatif tipe two stay two stray lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.