Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning Berbasis Schoology terhadap hasil belajar Simulasi Digital Dari Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TKJ 3 dan kelas X TKJ 3 yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas X TKJ 2 (14,8) dengan standar deviasi 6,92 dan skor rata-rata di kelas control (16,96) dengan standar deviasi 7,20. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas X TKJ 2 diajarkan dengan pembelajaran menggunakan pembelajaran e-learning berbasis schoology dan kelas X TKJ 3 diajar dengan pembelajaran menggunakan pembelajarn Ekspositori dengan powerpoint. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas X TKJ 2 (23,63) dengan standar deviasi 6,92 dan kelas X TKJ 3 (19,1) dengan standar deviasi 6,02. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 8,37 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel (8,37 > 1,67). Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran E-learning berbasis Schoology lebih tinggi dari hasil belajar Simulasi Digital dari siswa yang diajar dengan pembelajaran Ekspositori menggunakan powerpoint pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.