UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGANALISIS RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (TIPE STAD) PADA SISWA SMK NEGERI 1 BALIGE T.A 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige tahun ajaran 2015/2016. Menganalisis Rangkaian Listrik merupakan salah satu program mata pelajaran pada pendidikan kejuruan program studi keahlian Teknik Listrik. Melalui tindakan berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Arikunto yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap 1 siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan dan pada setiap siklus diselesaikan melalui tahap perencanan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TITL 2 SMK Negeri 1 Balige yang terdiri dari 27 orang. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas tes dan obsevasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Menganalisis Rangkaian Listrik pada siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Balige. Hal tersebut dapat dilihat dari pencapaian persentase ketuntasan belajar secara klasikal yakni 62,96% pada siklus I dan 77,77% pada siklus II, serta pencapaian nilai rata-rata kelas sebesar 69,62 pada siklus I dan 83,45 pada siklus II.