PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATERI METODE PENGGORENGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TPHP SMK NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pada materi metode penggorengan. Desain penelitian ini adalah quasi experimen. Lokasi penelitian dilaksanakan si SMK Negeri 1 Berastagi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap. Penentuan kelas dilakukan secara total sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI TPHP 1 yang berjumlah 29 orang dan kelas XI TPHP 2 yang berjumlah 29 orang sehingga total sampel berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji normalitas menggunakan liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar metode penggorengan yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction termasuk kategori cenderung tinggi dengan rata-rata sebesar 82,03 dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction cenderung cukup dengan rata-rata sebesar 60,62. Uji normalitas dari kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T Test dan uji pihak kanan dengan varians kedua kelompok sampel diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,701 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,004. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan teruji kebenarannya secara statistik pada taraf signifikan α = 0.05. Dengan demikian model pembelajaran Direct Instruction memberikan pengaruh lebih signifikan atau lebih baik terhadap hasil belajar siswa dengan materi metode penggorenga di kelas XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2015/2016.