PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BUDAYA TAPSEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMPN 1 HALONGONAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran discovery learning berbasis budaya Tapsel; 2) peningkatan kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Four-D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Halongonan, objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran model discovery learning berbasis budaya Tapsel. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid baik dari segi isi maupun konstruk; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis digunakan; (3)perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, aktivitas siswa dalam batas toleransi yang ditetapkan dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (4) adanya peningkatan kemampuan komunkasi siswa pada ujicoba I sebesar 80,9 meningkat menjadi 85,5 pada ujicoba II; dan (5) adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I sebesar 74,25 menjadi 80,33 pada ujicoba II.