PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA NEGERI 3 LANGSA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model Problem Based Learning berbantuan Geogebra; (2) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan (3) meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, buku guru, buku siswa, LKS, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar siswa.Uji coba I dilakukan pada siswa kelas XI IPA-4 sebanyak 35 siswa dan uji coba II di lakukan pada siswa kelas XI IPA-5 sebanyak 32 siswa di SMA Negeri 3 Langsa. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa, ketuntasan tujuan pembelajaran, waktu yang digunakan dalam pembelajaran efisien dan respon siswa terhadap pembelajaran dalam kategori baik; (2) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba I sebesar 75,18 meningkat menjadi 80,66 pada uji coba II; dan (3) adanya peningkatan kemandirian belajar siswa dari uji coba I ke uji coba II. Selanjutnya disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan Geogebra sebagai alternative pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa.