PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN INTUISI MATEMATIS SISWA SMP BUDI MURNI 3 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik, (3) peningkatan intuisi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan perangkat yang dikembangkan berbasis pendekatan realistik, (4) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan pendekatan realistik.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Budi Murni 3 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 and VII-2 SMP Budi Murni 3 Medan. Dan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berupa buku guru, buku siswa, LAS, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa. Data dikumpulkan menggunakan 3 jenis instrumen yaitu lembar validitas, angket dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) perangkat yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Hal ini diperoleh dari hasil analisis penilaian ahli/validator dan praktisi (guru) serta data respon siswa yang positif; 2) perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan yaitu siswa tuntas secara klasikal, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori baik aktivitas siswa berada pada kriteria batasan keefektifan pembelajaran dan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan intuisi matematis siswa berada pada kategori sedang.