UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 173333 LINTONGNIHUTA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173333 Lintongnihuta, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 173333 Lintongnihuta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 173333 Lintongnihuta dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri dari 20 siswa lakilakidan 16 siswaperempuan. Dengan instrument penelitian tes pilihan berganda dan lembar observasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperole hpeningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 50,13 dari 36 siswa, dimana jumlah siswa yang tuntas 8 siswa (22,22 %) dan siswa yang belum tuntas 28 siswa (77,77 %). Pada siklus I,bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 65 atau hanya 56 % siswa yang masihperluperbaikan. Hasilpenelitianpadasiklus II, dari 36 orang siswa masih terdapat 3 siswa yang memiliki nilai dibawah KKMdan 33 siswa atau 91,66 % sudah mencapai nilai criteria ketuntasan minimal. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode Demonstrasi. Nilai siswa yang diajarkan setelah menggunakan metode demonstrasi lebih tinggi daripada nilai siswa yang diajarkan sebelum menggunakan metode demonstrasi. Yaitu dengan nilai rata-rata 55,55 sebelum menggunakan metode demonstrasi pada siklus I dan nilai rata-rata 81,11 setelah menggunakan metode demonstrasi pada siklus II.