UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KARTU HURUF UNTUK KELANCARAN BELAJAR MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SD NEGERI 178218 BUNGUS KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa dengan menggunakan kartu huruf untuk kelan cara membaca siswa kelas I SDN 178218 Bungus dengan. Hasil belajar yang ditingkatkan adalah menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Penelitian ini dilakukan karena dan ya permasalahan dalam membaca permulaan di SDN 178218 Bungus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan kartu huruf untuk melancarkan belajar membaca permulaan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument observasi daftar cek (check List). Teknikan alisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelancaran membaca permulaan siswa SDN 178218 Bungus dapat ditingkatka nmenggunakan alat peraga kartu huruf dalam proses pembelajaran permainan tebak huruf pada kartu kata dengan cara masing-masing anak memegang kartu huruf dan memainkannya sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kelancaran membaca permulaan yaitu pada kondisi awal sebesar 15,38% meningkat pada Siklus I menjadi 38,46%, dan Siklus II meningkat sebesar73,07%.