Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan di SDNegeri 173477 Tukka, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peninggalan sejarah di lingkungan setempat di Kelas IV SDNegeri 173477 Tukka Kecamatan Pakkat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri173477 Tukka dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat tes awal nilai rata-rata 48,33 dan siswa yang mencapai tuntas sebanyak 6 orang atau 25%, dari jumlah keseluruhan siswa, dan yang tidak tuntas sebanyak 18 orang atau 75% dari jumlah keseluruhan. Hasil pemberian tes 1 (Siklus I) diperoleh rata-rata 56,6 dimana siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 11 orang atau 45,83% dari jumlah keseluruhan siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 13 orang atau 54,16% jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II memperoleh skor rata-rata 77,5 dimana 21 orang atau 87,5% dari jumlah keseluruhan mencapai ketuntasan, dan sebanyak 3 orang yang tidak tuntas atau 12,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 173477 Tukka Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran2015/2016