Daftar Isi:
  • Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pokok bahasa penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya di kelas V SD Negeri 173471 Sijarango. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dengan menggunakan Media gambar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 173471 Sijarango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 173471 Sijarango kab. Humbang Hasundutan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus,satu siklus terdiri dari 1 pertemuan dengan 4 tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis melakukan pengumpulan data dengan cara memberikan tes. Awal diperoleh nilai siswa yang tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase (16,67%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 10 orang siswa dengan persentase (83,33) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 36,67 dari 12 siswa. Dengan demikian dapat dikatakan hasil belajar siswa masih cukup rendah dan belum memenuhi syarat. Dengan demikian peneliti menggunakan media gambar saat pembelajaran berlangsung. Data yang diperoleh pada siklus I adalah sebagai berikut jumlah siswa yang tuntas adalah 5 orang dengan persentase (41,67%) dan siswa yang belum tuntas adalah 7 orang dengan persentase (58,33%) dengan nilai rata-rata 52,08 dari 12 siswa. Dilihat dari nilai siswa dapat dikatakan masih cukup. Dengan demikian peneliti melakukan perbaikan lagi dengan mengggunakan media gambar pada siklus II data yang diperoleh sebagai berikut: jumlah siswa yang tuntas 10 orang dengan persentase (83,33%) dan jumlah siswa yang belum tuntas 2 orang dengan persentase (16,67%) dengan nilai rata-rata 76,25 dari 12 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran sains dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 173471 Sijarango. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran sains dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan penyesuaian makhluk hidup dengan lingkunganya.