Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (2) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Bagaimana kadar aktivitas aktif siswa, selama proses penerapan pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik berbasis aplikasi Wingeom. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs S Islamiyah Kotapinang, kemudian dipilih dua kelas. Kelas eksperimen 1 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom dan kelas eksperimen 2 mendapat pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Cabri. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan spasial, (2) angket disposisi,(3) dan angket hasil aktivitas siswa dalam Pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Wingeom. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa pada pembelajaran pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri (2) terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan disposisi matematis siswa melalui pembelajaran Pendekatan Matematika Realistik yang berbantuan aplikasi Wingeom dengan berbantuan aplikasi Cabri, (3) Aktivitas siswa dalam pembelajaran Pendekatan Realistik berbantuan aplikasi wingeom adalah efektif. Guru matematika diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.