MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 107828 ARAS PANJANG TAHUN AJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok menghargai peninggalan sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan model pembelajaran Word Square. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 107828 Aras Panjang T.A 2015/2016 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Soal yang diberikan 3 kali yaitu tes awal, post test siklus I dan post test siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 70. Apabila nilai siswa kurang dari 70, maka siswa dikatakan belum tuntas. Pada saat dilaksanakan tes awal dapat diketahui bahwa dari 30 orang siswa sebanyak 7 siswa (23,33%) tuntas dan sebanyak 23 orang siswa (76,67%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 51,56. Siklus I dapat diketahui bahwa dari 30 orang siswa sebanyak 17 siswa (56,67%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 13 siswa (43,33%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 71,56. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 30 orang siswa (100%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata klasikal 90,89. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “dengan menggunakan model pembelajaran Word Square pada pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 107828 Aras Panjang T.A 2015/2016”. Dapat diterima, dengan jumlah nilai seluruhnya 2726,63, nilai rata-rata klasikal 90,89 dan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 100%.