Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam Penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika khususnya dalam menyelesaikan soal cerita dikarenakan siswa kurang memahami pertanyaan yang disajikan dalam bentuk kalimat panjang. Untuk menciptakan pembelajaran yang baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, guru dituntut untuk mampu memilih dan menentukan model pembelajaran apa yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sesuai dengan kondisi siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Operasi Hitung Bilangan melalui model pembelajaran Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 173491 Singalaeardan Humbahas melalui sebuah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173491 Singalaeardan dengan jumlah siswa 13 orang yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan persen ketuntasan 23% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persen ketuntasan 85% dan hasil observasi yang dilakukan pengamat pada kegiatan guru dan siswa juga mengalami peningkatan pada siklus II, dengan kata lain setelah siklus II dilaksanakan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung bilangan di kelas IV SD Negeri 173491 Singalaeardan Tahun Pembelajaran 2015/2016.