UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PAKEM DI KELAS IV SD NEGERI 173322 PARULOHAN KEC. LINTONGNIHUTA KAB. HUMBAHAS T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi awal di kelas IV SD Negeri 173322 Parulohan Kecamatan Lintongnihuta kabupaten Humbang Hasundutan ditemukan masalah dalam pembelajaran IPA. Proses pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini terlihat ketika guru dalam menyampaikan materi dominan menggunakan metode ceramah. Siswa di kelas merasa jenuh dan cenderung bosan serta tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas SD Negeri 173322 Parulohan, menunjukkan bahwa proses belajar mengajar IPA dengan materi wujud benda siswa kelas IV dianggap kurang berhasil. Informasi yang diperoleh rata-rata kelas masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan target KKM kelas harus mencapai 65. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 173322 Parulohan dengan materi wujud benda, khususnya dalam kaitan penguasaan konsep dengan hal sebenarnya?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam menghubungkan konsep pembelajaran IPA dengan keadaan yang sebenarnya dan lingkungan sekitar. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173322 Parulohan Tahun Pelajaran 2015/2016. Siswa kelas IV SD Negeri 173322 Parulohan Tahun Pelajaran 2015/2016 berjumlah 39 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil Penelitian menunjukkan hasil belajarIPA dengan materi wujud benda mengalami peningkatan. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 53,85% dan siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 92,31%. Hasil rata-rata belajar IPA dengan materi wujud benda pada siklus I sebesar 61,23 dan siklus II sebesar 73,08. Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa nilai rata-rat dari 61,23 pada siklus I menjadi 73,08 pada siklus II adalah 11,85. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi penigkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran IPA dengan materi wujud benda