PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS KELAS IV SD NEGERI 173444 PARBOTIHAN KECAMATAN ONAN GANJANG KABABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah minat belajar siswa rendah pada mata pelajaran sains. Tujuan penelitian meningkatkan minat belajar Siswa pada Pelajaran sains dengan pokok bahasan benda dan sifatnya dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas IV SD. Negeri 173444 Parbotihan. Penelitian yang dilakukanadalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDNegeri 173444 Parbotihan T.P 2015/2016 yang berjumlah 30 orang terdiri 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 2 bulan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa check-list minat siswa dan angket yang berisikan pertanyaan tentang tanggapan-tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Instrument lembar observasi dalam penelitian ini digunakan daftar check-list minat siswa. Minat belajar siswa pada siklus I dari hasil angket ada 5 orang siswa (16,66%) yang minat belajarnya tinggi, dan ada 17 orang siswa (56,66%) yang minat sedang, dan ada 8 orang siswa (26,66%) yang minatnya rendah. Minatbelajarsiswapadasiklus II darihasilangketada 27 orang siswa (90.00%) yang minatbelajarnyatinggi, danada 3 orang siswa (10,00%) yang minatbelajarnyasedang, danada 0 siswa (0%) yang minatbelajarnyarendah. Hasil observasi siklus I pertemuan I siswa rata-rata 14,5% sedangkan pada siklus I pertemuan II rata-ratanya 27,1% dan pada siklus II pertemuan I rata-ratanya 76,3% sedangkan pada siklus II pertemuan II rata-ratanya 90,4% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains kelas IV SD Negeri 173444 Parbotihan. Kec. Onan Ganjang Kab Humbang Hasundutan pada pokok bahasan benda dan sifatnya pada tahun pelajaran 2015/2016. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode yang sesuai dlm penerapan KegiatanBelajarMengajar (KBM), agar meningkatnya minat dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.