Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 173462 Pakkat. Siswa tidak dibiasakan untuk berani mengemukakan pendapat, hal ini terjadi karena suasana pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu, guru menggunakan metode kerja kelompok agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini yaitu ingin memperoleh data tentang persiapan guru merancang pembelajaran, mengelola proses pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 173462 Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan. Penelitian di lakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 antara bulan Juli 2015 sampai dengan Agustus 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar tes selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian siklus 1 berkaitan dengan peningkatan sikap kerja kelompok dan sikap bertanggung jawab; siklus 2 berkaitan dengan peningkatan sikap kerja kelompok dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan metode kerja kelompok telah menunjukkan peningkatan. Keberhasilan ini didukung oleh adanya kesiapan guru dalam merancang pembelajaran serta proses pembelajaran yang dilaksanakan sesuai rencana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kerja kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD Negeri 173462 Pakkat.