UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DIKELAS IV SDN 036566 KUTA DELLENG KEC. TINADA PAKPAK BHARAT TAHUN AJARAN 2015-2016
Daftar Isi:
- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan 2016.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 036566 Kuta Delleng, dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran yang berkaitan dengan satuan berat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 036566 Kuta Delleng pada tahun ajaran 2015/2016. Penentuan subjek diperoleh berdasarkan hasil pengamatan terhadap kelas yang akan diteliti dan berdasarkan hasil rujukan dari guru kelas. Objek penelitian ini adalah tindakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi satuan berat dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan selama dua Siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan evaluasi/refleksi. Instrumen penelitian berkaitan dengan materi satuan berat dengan menggunakan model pembelajaran CTL dan tes, serta observasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas pada saat pree test dengan tingkat ketuntasan belajar siswa hanya 15,4. Rata-rata ketuntasan belajar siswa ini sangat rendah. Setelah diberikan tindakan pada siklus I, diperoleh rata-rata kelas menjadi 42,3%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas siswa meningkat lagi menjadi 88,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CTL, dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan satuan berat dikelas IV SD Negeri 036566 Kuta Delleng Tahun Ajaran 2015/2016.