UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STOP THINK DO DI KELAS IV SD NEGERI 173461 ONAN GANJANG KECAMATAN ONAN GANJANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173461 Onan Ganjag Kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan, jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode stop think do dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sfat operasi hitung di kelas IV SD Negeri 173461 Onan Ganjang kecamatan Onan Ganjang Kabupaten Humbang Hasundutan. Dari penelitian yang dilaksanakan diproleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, rata-rata kelas yang diproleh siswa sebanyak 55,38 dari 13 orang siswa, dimana 4 siswa (30,77%) memproleh ketuntasan dan 9 siswa (69,23%) yang belum tuntas. Pada siklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 63,84 dimana 7 siswa (53,85%) memproleh ketuntasan, 6 siswa (46,15%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa dibawah 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata siswa yang meningkat 80,38 dimana 11 siswa (84,62%) memproleh ketuntasan, 2 siswa (15,38%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa diatas 85% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diproleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran stop think do dapat meningkatkan hasil belajar siswa.