UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA KONGKRIT DI KELAS 1 SD NEGERI 174538 TIPANG KECAMATAN BAKTIRAJA KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 174538 Tipang .Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016.Tujuan penelitian inii adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran matematika dengan metode alat peraga Kongkrit di kelas 1 SD Negeri 174538 Tipang Tahun pelajaran 2015/2016. Subjek dalam penelitian ini adalah SD Negeri 174538 Tipang yang berjumlah 20 Orang ,12 siswa perempuan dan 8 laki laki dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode alat peraga kongkrit untuk meningkatkn hasil belajar siswa .penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus ,dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan ,tindakan Observasi , dan refleksi . Adapun Teknik Analisis data dengan menggunakan reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data , data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 25,93 % dengan rata-rata 49,63 sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 48,15 % dengan rata-rata nilai 59,26 meningkat pada siklus II sebanyak 24 siswa atau 88,89 % dengan rata-rata nilai 68,89 atau mengalami peningkatan sebesar 62,96 %. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode alat peraga konkret dapat menigkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 174538 Tipang Tahun Pelajaran 2015/2016