Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif dengan Tipe Role Playing dan model pembelajaran tipe Script pada siswa kelas 7 SMP Swasta Budi Dharma Tebing Tinggi dan SMP Swasta Ir Juanda Tebing Tinggi (2) perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dan kelompok siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert pada siswa kelas kelas 7 SMP Swasta Budi Dharma Tebing Tinggi dan SMP Swasta Ir Juanda Tebing Tinggi dan (3) interaksi model pembelajaran dengan tipe kepribadian terhadap hasil belajar pada siswa kelas 7 SMP Swasta Budi Dharma Tebing Tingi dan SMP Swasta Ir Juanda Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 SMP Swasta Budi Dharma Tebing Tiingi dan SMP Swasta Ir Juanda Tebing Tinggi di yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan jumlah Kelas 7 Swasta Budi Dharma Tebing Tiingi berjumlah 29 orang siswa dan SMP Swasta Ir Juanda Tebing Tinggi berjumlah 36. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPS Terpadu dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 × 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas model pembelajaran kooperatif dengan Tipe role playing dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas model pembelajaran kooperatif dengan Tipe script dengan Fhitung > Ftabel (4,95 > 4,00); (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert dengan Fhitung > Ftabel (25,80 > 4,00); dan (3) ada interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar IPS Terpadu dengan Fhitung > Ftabel (5,13 > 4,00) .Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe role playing dalam meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa. Selain itu guru diharapkan lebih mengenal bagaimana tipe kepribadian masing masing siswa.