Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173314 Nagasaribu, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Student Teams Acievement Division (STAD) dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri 173314 Nagasaribu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 173314 Nagasaribu dengan jumlah siswa 20 terdiri dari 11 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre tes, rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 49,75 dari 20 siswa. Dimana 4 siswa (20%) memperoleh ketuntasan dan 16 siswa (80%) yang belum tuntas. Pada siklus I ratarata kelas siswa meningkat menjadi 65,00 dimana 11 siswa (55%) memperoleh ketuntasan, 9 siswa (45%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 71,42% kategori nilai baik secara klasikal. Pada siklus II rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 78,00 dimana 19 (95%) siswa memperoleh ketuntasan, 1 siswa (5%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 95% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.