UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173456 HUTAGINJANG KECAMATAN SIJAMAPOLANG KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi benda dan sifatnya di Kelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan. Subjek penelitian ini adalah siswakelas IV SD Negeri 173456 Hutaginjang Kecamatan Sijamapolang Kabupaten Humbang Hasundutan dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang yang terdiridari 4 orang laki-lakidan 6 orang perempuan. Dari penelitian ini yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian pada saat pre test, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebanyak 10 orang adalah 3,6 dimana 1 orang siswa (10%) yang memperoleh ketuntasandan 9 orang siswa (90%) yang belum tuntas. Padasiklus I rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 5,8 dimana 4 orang siswa (40%) memperolehketuntasan, 6 orang siswa (6%) yang belum tuntas, kategori penilaian baik secara klasikal. Pada Siklus II rata-rata siswa meningkat menjadi 7,6 dimana 9 orang siswa (90%) memperoleh ketuntasan, 1 orang siswa (10%) yang belum tuntas kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa.