UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 173492 AEK SONGSONG KECAMATAN PARLILITAN KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Berdasarkan data awal di SD Negeri 173492 Aeksongsang ditemukan berbagai masalah dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV antara lain: didalam pembelajaran guru menggunakan metode tidak sesuai dengan materi. Sehingga mengolah kelas kuarang optimal yang menjadikan siswa tidak aktif, kuarang antusias, bahkan siswa tidak menguasai konsep IPA. Faktor tersebut mengakibatkan pada hasil belajar siswa rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian menggunakan metode demonstrasi berbasis lingkungan. Penelitian dilakukan di SD N 173492 Aeksongsang dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari11perempuan dan 9 lakilaki. Variabel yang digunakan adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Sumber data berasal dari guru, foto, dan instrumen yang digunakan adalah observasi dan catatanlapangan. Hasil penelitian menunjukan keterampilan guru siklus I memperoleh skor 49 dengan kreteria cukup, Siklus II memperoleh skor 78.5 dengan kreteria baik, dan siklus III memperoleh skor 30 dengan kreteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapat skor 17 dengan kreteria cukup, siklus II mendapat skor 23 dengan kreteria baik, dan siklus III mendapat skor 28 dengan kreteria sangat baik. Hasil belajar siswa setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan klasikal 58%, siklus II ketuntasan klasikal 76%, dan pada siklus III menigkat menjadi ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui metodede monstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 173492 Aeksongsang Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan T.P. 2015/2016.