UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA PELAJARAN SAINS KELAS IV SD NEGERI 173469 BANUAREA KEC. PAKKAT KAB. HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV SD Negeri 173469 Banuarea. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 173469 Banuarea Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 12 orang terdiri dari 9 orang perempuan dan 3 orang laki-laki dan subjek penelitian ini adalah pembelajaran konstruktivisme. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan yang masingmasing pertemuan 40 menit. Dari hasil observasi siklus I pertemuan I dengan rata-rata 58,75. Sedangkan pada siklus I pertemuan II dengan rata-rata 68,33, berarti ada peningkatan motivasi belajar. Dari hasil observasi yang dilakukan menunjukkan pada siklus I analisis pencapaian yang diperoleh siswa memang sudah meningkat, namun belum mencapai rata-rata yang diharapkan, yang berarti masih dalam kategori kurang baik. Pada siklus II, data hasil observasi siswa dan guru mengalami peningkatan menjadi baik. Analisis yang diperoleh bahwa data hasil observasi siklus II pertemuan I dengan rata-rata 74, 58, dan siklus II pertemuan II 80,41, sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus III. Hal ini berarti pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan wujud benda di kelas IV SDNegeri 173469 Banuarea. Dan pembelajaran konstruktivisme dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Sains terkhusus pada pokok bahasan wujud benda.