UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 173490 SIMBARA KEC. TARABINTANG KAB. HUMBAHAS HASUNDUTAN T.P. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa belajar dengan model Contextual Teaching and Learning(CTL) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDNegeri 173490 Simbara dengan model CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 20 siswa. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan metode CTL untuk meningkatkan minat siswa kelas IV SD Negeri 173490 Simbara. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrument angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penerapan pembelajaran berdasarkan siklus I dansiklus II disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual yang diterapkan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV SD Negeri 173490 Simbara dapat meningkatkan minat belajar belajar siswa belajar dalam IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan minat yaitu siklus I minat siswa hanya 45 dinyatakan berminat tinggi dari 20% yang berminat tinggi sebelum diadakan tindakan, kemudian pada pelaksanaan siklus II peningkatan minat belajar siswa menjadi 75% siswa digolongkan pada taraf minat tinggi. Ini membuktikanbahwapendekatanPembelajaran Contextual Teaching and Lerning/CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 173490 Simbara.