Daftar Isi:
  • berkembang. Pada saat menyelesaikan pembelajaran anak masih belum memiliki kberanian, anak ragu dan tidak percaya diri, pembelajaran yang masih memfokuskan pada kemampuan anak menulis dan berhitung, kurangnya fasilitas media pembelajaran ataupun alat bermain yang mampu menunjang perkembangan membaca permulaan anak, anak hanya mengikuti instruksi guru dalam melaksanakan kegiatan membaca. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5 – 6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Proses penelitian ini, dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Pada siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 38,87% yang berarti rata-rata kemampuan membaca permulaan anak pada kriteria cukup. Pada siklus I pertemuan ke II diperoleh nilai rata-rata anak 41,45% yang berarti ratarata kemampuan membaca permulaan anak pada kriteria cukup. Siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 73,54% tergolong pada kriteria baik. Pada siklus II pertemuan ke II, diperoleh nilai rata-rata anak sebesar 81,04% tergolong kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan anak pada siklus II dari kriteria cukup menjadi sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat meningkat melalui media kartu kata bergambar usia 5 sampai 6 tahun di TK TO BE PLUS Medan Johor