Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi dengan Model example non example di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua Kab. Deli Serdang T.A 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV pada pelajaran IPS dengan pokok bahasan Perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101799 Delitua di kelas IV pada semester genap T. A 2015/ 2016 dengan 28siswa. Terdiri dari 15 siswa laki- laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi motivasi belajr siswa dan angket pada awal dan akhir siklus. Lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada tahap awal melalui angket diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 36,42 dan ketuntasan klasikal 17,45%. Selanjutnya pada akhir siklus I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 56,91 dan ketuntasan klasikal 21,42%. dan. Pada akhir siklus II nilai rata- rata siswa sebesar 80,46 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85%) Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa di kelas IV SD Negeri 101799 Delitua Kab. Deli Serdang T. A 2015/ 2016.