Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah,” Bagaimana Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 034813 Pardomuan?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mererapkan model pembelajaran Discovery untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN.034813 Pardomuan. Subjek penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan model Discovery untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari IPA. Data yang diperoleh melalui observasi, dokumen siswa, dan catatan guru. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 (dua) siklus.hasil setiap siklus dianalisis kemudian dijadikan acauan pada tindakan siklus berikutnya. Hasil pada siklus pertama diketahui dari 22 orang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat 22 orang siswa (55%), yang memiliki motivasi belajar cukup terdapat 12 orang siswa (35%), yang memiliki motivasi belajar tinggi terdapat 2 orang siswa (5%), yang mengalami motivasi belajar sangat tinggi terdapat 4 orang siswa (5%). Pada siklus II diketahui bahwa dari 22 orang siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat 2 orang siswa (5%), yang memiliki motivasi belajar cukup sebanyak 3 orang siswa (7,5%), yang memiliki motivasi belajar tinggi sebanyak 18 orang siswa (45%), yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi terdapat 17 orang siswa (42,5%). Dari peningkatan ketuntasan yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Model Pembelajaran Discovery dalam pembelajaran IPA pada materi pokok energi bunyi (perambatan bunyi pada zat padat, cair dan gas) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas IV SD.Negeri 034813 Pardomuan.