PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COPSEPTUAL TEACHING LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SEMESTER II SD NEGERI II SD NEGERI LAE MAREMPAT, KEC. STTU JEHE KABUPATEN PAKPAK BHARAT TA 2015/2016
Daftar Isi:
- Permasalahan yang diajukan adalah bagaimanakah pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya pada siswa kelas V pada SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2015/2016. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pendekatan Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2015/2016. Manfaat secara teoritis yaitu dapat dijadikan bahan perimbangan penyusunan dan pelaksanaan program dalam pembelajaran IPS di suatu lembaga pendidikan. Manfaat secara praktis yaitu dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Spiral atau siklus yang dalam pelaksanaannya menggunakan metode Eksploratory Discovery yang dilakukan pada kelas V SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Observasi, angket dan Test. Data selanjutnya diolah berdasarkan tehnik analisa data yang ditetapkan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penerapan metode Eksploratory Discovery pada pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SD Negeri Lae Merempat Tahun Ajaran 2014/2015, hasil belajar siswa menjadi meningkat dari hasil belajar yang rendah dengan skor rata-rata 19,82 menjadi hasil belajar yang tinggi dengan skor rata-rata 34,34. Data hasil belajar pun menjadi meningkat dari nilai ratarata siswa 57,60 menjadi 70,00.