MENINGKATKAN BERPIKIR ILMIAH SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI SINAMO PAKPAK BHARAT
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sinamo Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat, jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Inkuiri, dalam pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan metode Inkuiri dapat meningkatkan Berfikir Ilmiah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA dikelas IV SD Negeri Sinamo Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sinamo, Kecamata Tinada Kabupaten Pakpak Bharatdengan jumlah siswa 17 orang terdiri dari 7 orang siswa perempuan dan 10 orang siswa laki-laki. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan berfikir ilmiah siswa dimana pada siklus I tingkat berfikir ilmiah siswa 44.1% dari seluruh indikator dan siklus II persentase berfikir ilmiah siswa menjadi 76.4% dari seluruh indikator. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa berfikir ilmiah siswa dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri.