Daftar Isi:
  • Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Proses belajar mengajar kurang tepat pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan (2) Siswa kurang berminat dalam mengikuti mata pelajaran IPA, (3) Strategi yang digunakan guru kurang menarik pada mata pelajaran IPA, (4) Guru tidak menggunakan media pada saat mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada pokok bahasan struktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan T.A 2014/2015. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: Apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan struktur dan fungsi bagian-bagian tumbuhan di kelas IV SD Negeri No.030429 Jambu T.A 2014/2015. Jenis pelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode demonstrasi sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupaya memaparkan penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV pada pokok bahasan Struktur dan bagian-bagian tumbuhan di SD Negeri No.030429 Jambu T.A 2014/2015.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.030429 Jambu berjumlah 20 orang yang diantaranya 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penetapan kelas ini diambil berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan diteliti dan saran dari kepala sekolah. Objek formal dengan penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA Hasil penelitian pada pre tes 6 orang siswa yaitu 30% mencapai nilai ketuntasan, dan 14 orang siswa yaitu 70% yang belum mencapai nilai ketuntasan dari 20 orang siswa dengan nilai rata-rata 64, pada post tes siklus I mencapai 12 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai 60%, dan 8 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai 40% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 66, dan pada post tes siklus II mencapai 18 orang siswa yang telah berhasil dengan nilai 90%, dan 2 orang siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai 10% dengan rata-rata nilai kelas sebesar 82,42. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada materi Struktur dan Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan SD Negeri No.030429 Jambu Tahun Ajaran 2014