Daftar Isi:
  • Guru adalah subyek utama pelaku pendidikan yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Seiring dengan tugas pokok guru yaitu mengajar, dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah guru tidak hanya dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran, namun dituntut untuk mampu membimbing dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Oleh karena itu guru harus mampu mengusai bahan pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa beserta metode penyampaiannya. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kuta Onan, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Kuta Onan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kuta Onan dengan jumlah siswa 34 orang terdiri dari 11 laki-laki dan 23 perempuan. Dari pelaksanaan yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian sebelum diberikan tindakan, nilai rata-rata kelas adalah 54,55 dengan siswa yang tuntas belajar adalah 7 siswa dan yang belum tuntas adalah 27 siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 70,11 . dan pada siklus ke II nilai rata-rata kelas semakin meningkat lagi hingga mencapai 75,53. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan hasil belajar siswa serta minat siswa kepada pelajaran tersebut.