HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD DI DESA SIGOMPULON KEC. PAHAE JULU KAB. TAPANULI UTARA T.A. 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon. Hipotesis yang diajukan adalah diduga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yang bersifat korelasional. Untuk memperoleh data yang diperlukan, dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 58 orang. Penetapan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga peneliti menentukan jumlah sampel siswa sebanyak 22 orang dan siswi sebanyak 18 orang. Selanjutnya gambaran keterampilan mengajar kelompok kecil di Desa Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana nilai rata – ratanya ialah 73,8 sedangkan motivasi belajar siswa kelas V SD di Desa Sigompulon berada dalam kategori sedang, dimana rata – rata nilainya ialah 40,55. Adapun hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,748 (termasuk dalam kategori cukup) dengan rtabel = 0,312 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,748 > 0,312 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka keterampilan mengajar kelompok kecil memiliki hubungan yang positif dengan motivasi belajar siswa. Untuk mengetahui signifikasi hubungan keterampilan mengajar kelompok kecil dengan motivasi belajar siswa digunakan rumus uji t. Dari uji tersebut diperoleh thitung = 6,98 dengan ttabel = 2.021 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 6,98 > 2,024 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil (X) mempunyai kontribusi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD (Y) di Desa Sigompulon. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD di Desa Sigompulon Kec. Pahae Julu Kab. Tapanuli Utara” dapat diterima. Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar kelompok kecil maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.