UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIKELAS IV SDN 030417 ULUMERAH KEC.SITELLU TALI URANG JULU KAB.PAKPAK BHARAT T.P 2015/2016
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di kelas IV SDN 030417 Ulumerah Kec. Sitellu Tali Urang Julu Kab. Pakpak Bharat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No. 030417 Ulumerah Kec. Sitellu Tali Urang Julu Kab. Pakpak Bharat sebanyak 15 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data sekolah observasi pada saat belajar mengajar dilakukan guru lembar observasi dalam mengobservasi siswa pada saat pengumpulan data siswa tentang tumbuhan monokotil dan dikotil. Observasi dilakukan untuk mengetahui peningkatan penelitian tumbuhan monokotil dan dikotil dengan keterangan dalam lembar observasi bahwa A = Sangat baik, B = Baik, C = Cukup, D = Kurang Baik. Dan dengan ketentuan 0- 645 belum tuntas 65-80 adalah tuntas, 81-100 sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes awal hanya terdapat 9 orang, belum tuntas sekitar 60% , Sedangkan yang tuntas 6 0rang sekitar 40 % pada siklus I. Pada siklus II pertemuan I dan II menunjukkan bahwa nilai dari hasil metode Discovery Learning meningkat setelah guru melaksanakan pembelajaran yang lebih baik. Hal ini terlihat bahwa presentase lulusan KKM dari 15 orang siswa, didapatkan sejumlah 12 orang 80 % yang telah lulus KKM, sedangkan 3 orang 20 % lagi belum tuntas.