Daftar Isi:
  • Permasalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun pada taman kanak-kanak Harapan Islamiyah Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berhitung permulaan 1-10 anak usia 5-6 tahun yang diajar dengan media gambar dan media konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data dalam bentuk lembar observasi. Populasi dari penelitian ini seluruh anak usia 5-6 tahun kelompok B dengan jumlah anak sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang berusia 5-6 tahun yang ada dikelompok B dan ke 30 anak tersebut dibagi menjadi 2 kelompok yakni 15 anak diajar dengan menggunakan media gambar dan 15 anak diajar dengan menggunakan media konvensional. Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun yang diajar dengan menggnakan media gambar lebih unggul dibandingkan kemampuan berhitung permulaan anak yang diajar dengan mengggunakan media konvensional yaitu berdasarkan perhitungan nilai rata-rata kedua kelompok yakni 28.4 untuk media gambar dan 14.26 untuk nilai rata-rata anak yang di ajar dengan menggunakan media pembelajaran konvensional. Sedangkan hasil uji t yang dilakuakan diperoleh nilai Ftabel > Fhitung atau 29.39911>1,70113 maka dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak yakni “ada pengaruh media pembelajaran gambar terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Islamiyah Jln.Bustamam Gg.Cik Zahra T.A 2015/2016.