Daftar Isi:
  • Permasalahan didalam penelitian ini adalah anak kurang mengenal tentang sifat-sifat air di sekolah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode eksperimen terhadap kemampuan mengenal sifat-sifat air pada anak usia 5-6 Tahun di TK ABA 20 kecamatan Medan Denai T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalah quasi Experimental Designs, dengan bentuk only Postest control group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, yaitu dengan memilih sampel dengan cara acak, karena populasi memiliki karakteristik yang sama dilihat dari segi usia yaitu usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dengan instrumen panduan observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan (posttest) yang menggunakan metode eksperimen lebih baik/tinggi di bandingkan dari kelas kontrol. Skor tertinggi pada kelas eksperimen adalah data posttest 16 dengan Rata-rata 12,5, sedangkan pada kelas kontrol skor tertinggi adalah 14 dengan rata-rata 10,5. Berdasarkan hasil tersebut menyatakan bahwa penggunaan metode eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengenalan sains anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh