PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK FREE METHODIST KEC MEDAN HELVETIA T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free Methodist T.A 2016/2017. Jenis penelitan ini adalah penelitian eksperimen only posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan Kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 20 orang anak. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah media flashcard. Instrumen pengumpulan data yaitu panduan observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasian dengan panduan observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata � =0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 20,15 dengan nilai tertinggi 22 dan nilai terendah 18, sehingga pengembangan kemampuan membaca permulaan anak pada kelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai ratarata pada kelas kontrol 12,15 dengan nilai tertinggi 14 dan nilai terendah 10, sehingga pengembangan kemapuan membaca permulaan pada anak kelas kontrol memperoleh perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa thitung (20,81) >ttabel (1,725) pada taraf � = 0,05. dengan demikian media flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Free Methodist Kec Medan helvetia T.A 2016/2017.