Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah masih rendahnya keterampilan motorik kasar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain lempar tangkap bola terhadap keterampilan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun di Paud Ceria Bersama Kec. Medan-Belawan T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen only posttest control grup design. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random) yaitu kelas eksperimen sebanyak 15 orang anak menggunakan permainan lempar tangkap bola, dan kelas kontrol 15 orang anak menggunakan permainan hulahup. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi. Instrumen penelitian berupa panduan observasi berbentuk kisi-kisi. Analisi data statistik deskriptif dan uji-t untuk menguji hipotesis. Hasil Analisis deskriptif menunjukkan permainan lempar tangkap bola lebih baik di bandingkan dari kelas kontrol. nilai tertinggi pada kelas eksperimen 42 kelas kontrol 30, rata-rata pada kelas eksperimen 35,46, untuk kelas kontrol 28,33. Jumlah anak yang mendapat nilai diatas rata-rata lebih banyak (40,00%) dibandingkan di kelas kontrol (33,33%) sebaliknya jumlah anak di kelas kontrol yang mendapat nilai di bawah rata-rata ( 20,00%) di bandingkan di kelas eksperimen (13,33%). Berdasarkan hasil data tersebut menyeakan bahwa data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama atau homegen terpenuhi untuk kedua kelompok data. Hasil uji homogenitas diketahui t-hitung =6,990 lebih besar dari t-tabel =1,701. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan bermain lempar tangkap bola terhadap keterampilan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di Paud Ceria Bersama Kec. Medan-Belawan.